السلام عليكم ورحمة الله وبركاته selamat datang di "HANIVA TARJUMAN MELATI" "

Wednesday, August 29, 2012

Kajian Kitab al-Ajrumiyah bag: 6





و أقسامه أربعة: رفع و نصب و خفض و جزم. فللأسماء من ذالك الرفع و النصب و الخفض ولا جزم فيها

Artinya:
“Dan bagian-bagian I’rab itu ada empat: Rafa’, Nasab, khafadh dan Jazam. Maka bagian kalimah isim itu dari keempat I’rab itu adalah Rafa’, Nasab dan Khafadh dan tidak ada I’rab Jazam padanya”.  

            Setelah memahami pengertian I’rab menurut ilmu nahwu, sekarang kita masuki bahasan berikutnya yaitu bagian-bagian I’rab. I’rab terbagi empat bagian:

  • 1      I’rab Rafa’, contoh untuk kalimah Isim: جاء زيد (baca: “JAA ZAIDUN”), artinya: “Zaid telah dating”. Kalimah زيد  dibaca rafa’ karena berkedudukan sebagai فاعل (subjek).
Contoh I’rab Rafa untuk kalimah Fi’il: أحمد يذهب إلى السوق (baca: “AHMADU YADZHABU ILA SSUQI”) artinya: “Ahmad pergi ke pasar”. Kalimah يذهب dibaca Rafa’ karena tidak ada ‘amil yang memerintahkan nasab atau jazam.


  • 2      I’rab Nasab, contoh: رأيت زيدا (baca: “RAAYTU ZAIDAN”) artinya: “Aku melihat  Zaid”.  Kalimah زيدا dibaca Nasab karena kedudukannya sebagai مفعول (objek).
Contoh I’rab Nasab’ untuk kalimah Fi’il: لا أحبّ أن تذهب (baca: “LA UHIBBU AN TADZHABA”) artinya: “Aku tidak suka kau pergi”. Kalimah أن تذهب  dibaca Nasab karena diawali oleh أن sebagai ‘amil yang menasabkan

  • 3      I’rab Khafadh (khusus untuk kalimah Isim saja), contoh: كتبت بالقلم  (baca: “KATABTU BIL QALAMI”I) artinya: “Aku menulis dengan pulpen”. Klimah القلم dibaca Khafadh (Jarr) karena diawali oleh salah satu huruf Khafadh yaitu ب yang berarti “dengan”.

  • 4      I’rab Jazam (khusus untuk kalimah Fi’il saja), contoh: أنا لم أعرف زيدا  (baca: “ANA LAM A’RIF ZAIDAN”) artinya: “Aku belum mengenal Zaid”. Kalimah أعرف dibaca Jazam karena diawali oleh salah satu ‘amil Jazam yaitu .لم

Berdasarkan kaidah dan contoh-contoh diatas dapat diketahui bahwa I’rab yang berlaku bagi kalimah Isim hanya tiga yaitu: Rafa’, Nasab dan Khafadh (Jarr), sedangkan Jazam tidak mungkin masuk kepada kalimah Isim.

Jika terdapat kekeliruan baik penulisan maupun pembahasan mohon diberitahukan, kritik dan saran anda sangat kami harapkan. terimakasih..
 
(متن الأجرومية )

2 comments:

Rama Banten RB said...

mantap pak ustadz... diantos di blog Rama Banten RB

Nurhasan Humaedi said...

haturnuhun kang... ok siap meluncur...