السلام عليكم ورحمة الله وبركاته selamat datang di "HANIVA TARJUMAN MELATI" "

Monday, August 27, 2012

Memaksimalkan Kemampuan Intuisi




Intuisi adalah kekuatan alam bawah sadar manusia yang memiliki kemampuan serta kecerdasan luar biasa dan tidak terduga. Adakalanya ketika seseorang mengalami kebuntuan atas satu permasalahan  tiba-tiba saja ia seolah mendapatkan petunjuk untuk melakukan satu hal yang ia sendiri tidak megerti maksudnya, namun pada akhirnya sesuatu  yang ia lakukan itu ternyata mengarahkan pada jalan keluar atas masalah yang sedang dihadapi, itulah salah satu contoh intuisi.


Intuisi dapat muncul kapan saja, dimana saja, pada siapa saja dan kadang dengan cara-cara yang tak terduga, bahkan intuisi dapat mucul lewat mimpi. Menurut sebagian orang intuisi itu sama dengan ilham, mungkin pendapat itu ada benarnya, karena apapun yang terjadi di alam semesta ini tak luput dari panduan serta petunjuk Allah Swt.


Berdasarkan sunnatullah intuisi adalah anugrah  Allah bagi semua manusia, tinggal bagaimana cara mereka mengolahnya. Semakin mereka bersih dan dekat kepada Allah maka semakin meningkat kekuatan alam bawah sadar (intuisi) mereka.

Pada dasarnya intuisi dapat diolah oleh siapapun dengan berbagai cara, namun sebagai seorang muslim tentunya kita akan menggunakan cara-cara yang sejalan dengan aturan agama.   

            Saat seorang muslim rajin melakukan satu amaliah ibadah secara iklas maka secara tidak diasadari kemampuan alam bawah sadarnya juga akan meningkat. kita ambil contoh kecil  seperti berwudhu, mendawamkan wudhu adalah sunnah namun dibalik kesunnahannya ternyata terdapat hikmah yang luar biasa. siapa saja yang mendawamkan wudhu (tentunya seorang muslim) hamper bias dipastikan akan mendapat karunia tertentu dari Allah Swt. Demikian pula dengan amaliah ibadah lainnya seperti berdzikir, membaca al-Qur’an dan sebagainya dengan catatan dilakukan secara iklas dan terus menerus.

            Demikian sekilas info tentang bagaimana memaksimalkan kemampuan intuisi, apapun cara dan metode  yang dipakai itu sah-sah saja, tetapi sebagai muslim hendaknya kita tahu hikmah dibalik perintah-perintah agama baik wajib ataupun sunnah. Dan kita mesti tahu juga bahwa ternyata amaliah ibadah yang dilakukan sangat berpotensi besar dalam meningkatkan kemampuan intuisi seseorang. Jadi jika anda ingin diberi kemampuan intuis yang kuat maka lakukanlah amaliah ibadah tanpa mengharapkan diberi intuisi itu sendiri.. sulit bukan?... memang sulit, tapi itulah yang mesti dilakukan.. kuncinya adalah rajin dan iklas... SUGAN WAE AYA MANFAATNA

(Rujukan: SAMBIL NGAHANEUNG DOT KOM)


2 comments:

soal-soal UKG said...

Salam kenal kang...info yg menarik kang....intuisi untuk saat ini sangat dibutuhkn...kita perlu mengasahnya.....sukses selalu kang....

Nurhasan Humaedi said...

ya salam kmbali kang... mudah2n sja ada manfaatnya