السلام عليكم ورحمة الله وبركاته selamat datang di "HANIVA TARJUMAN MELATI" "

Friday, July 20, 2012

[ ] BERPUASALAH NISCAYA KALIAN SEHAT [ ]



    
Allah Swt berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, niscaya kamu menjadi orang-orang bertakwa”. (QS: Al-Baqarah: 183)
 
Dan sungguh kamu berpuasa itu baik bagimu” (QS; Al-Baqarah: 184)

perhatikan firman Allah surat Al-Baqarah: 184 tadi, mampukah ilmu pengetahuan modern menguak rahasia firman Allah tersebut?  Atau mampukah ilmu kedokteran modern menentangnya?   Berdasarkan hasil riset para ahli kedokteran ternyata puasa bagi tubuh manusia adalah satu hal yang mesti dilakukan dan sangat berpengaruh bagi kesehatan. Kemestian berpuasa sama halnya dengan makan tidur dan beristirahat, tubuh manusia akan lemah jika kurang tidur , makan dan istirahat[].

Puasa disamping sebagai amaliah ibadah juga memiliki hikmah ilahiyah yang sangat besar, dengan kata lain Allah ingin agar hamba- hamba-Nya mendapatkan kebaikan dan manfaat baik. Dengan demikian berpuasa adalah amaliah ibadah yang menyehatkan[].

Manfaat berpuasa bagi tubuh manusia antara lain:

1. Puasa dapat mengistirahatkan dan meringankan kerja pencernaan yang akan memudahkan keluarnya zat-zat beracun dari dalam tubuh.

2. Saat-saat berpuasa adalah saat pemulihan dan persiapan bagi tubuh untuk .

3. Berpuasa dapat memberikan kemampuan lebih pada tubuh untuk mengurai zat-zat yang berlebih.

4. Berdasarkan hasil riset para ahli ternyata berpuasa dapat membuat awet muda.

5. Puasa dapat membentuk antibody.

6. Puasa sangat bagus bagi kecerdasan dan kepekaan berfikir.

7. Puasa adalah obat.

            Jika orang yang berpuasa dapat menjaga pola makan yang tidak berlebihan niscaya pada akhir bulan ramadhan ia akan merasakan banyak manfaat bagi tubuh dan akal. Ada sebuah hadits yang diriwayatkan al-Nasai dari Abi Umamah:[ “Aku berkata: “wahai rasulullah, perintahkan padaku akan satu amal yang dengan amalan tersebut Allah memberikan manfaat bagiku”. Beliau bersabda: “engkau harus berpuasa, maka sesungguhnya itu tiada bandingannya”]

            Dalam hadits lain yang diriwayatkan al-Thabrani beliau bersabda: “Berpuasalah kalian, niscaya kalian akan sehat”.[]


Diterjemahkan dari; http://www.manhag.net/main/2010-06-09-12-44-25/2011-06-02-21-17-15/7419-2011-06-01-16-54-26.htmwww.hanivatarjumanmelati.blogspot.com/search/label/KEISLAMAN

No comments: