السلام عليكم ورحمة الله وبركاته selamat datang di "HANIVA TARJUMAN MELATI" "

Thursday, July 26, 2012

MENGHINDARI PENGARUH MIMPI BURUK


Mimpi adalah bunga tidur yang membuat tidur kita semakin nyaman, namun bagaimana jika yang diimpikan itu adalah sesuatu yang buruk? Maka sudah tentu hal itu sangat mengganggu pikiran kita. Apalagi tidak sedikit orang yang berkeyakinan bahwa mimpi adalah sebuah pertanda, pada dasarnya mimpi merupakan olah alam bawah sadar yang boleh jadi berfungsi sebagai sensor terhadap sesuatu yang akan terjadi, entah baik atau buruk.

Wednesday, July 25, 2012

PENYAKIT KEJIWAAN DAN PENYEMBUHANNYA MENURUT ISLAM


Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya penyakit kejiwaan, antara lain: 1. Berdasarkan keimanan bahwa segala penyakit baik fisik maupun non fisik adalah ketentuan Allah dan kita wajib mengimani serta menerimanya tanpa meninggalkan usaha dalam mencari kesembuhan. 2. Jauh dari Allah adalah sebab utama timbulnya penyakit tersebut. Sering kita jumpai orang-orang yang melalaikan shalat bahkan meninggalkannya, berghibah (memebicarakan aib orang lain), mengumpat, berdusta adalah sebagian dari sebab-sebab seseorang jauh dari ketaatan kepada Allah. 3. Penuh keraguan dan selalu merasa hawatir. 4. Selalu melihat orang yang lebih darinya baik dalam harta, tahta dan sebagainya. Sehingga sering berangan-angan seperti orang itu padahal kemampuan yang dimilikinya sangat terbatas. Bukankah baginda rasulullah sudah mewasiatkan agar kita jangan memandang orang yang di atas kita? Langkah-langkah pengobatan: 1. Berdzikir dan membaca al-Qur’an dengan penuh kekhusyuan dan kepasrahan ditambah dengan keyakinan yang kuat bahwa Allah akan memberikan kesembuhan dan jalan keluar. 2. Berbaik sangka kepada Allah yang maha penyembuh dan maha pemaaf. 3. Meminum air zamzam sebagai obat seperti yang disabdakan baginda Rasulullah saw: “Air zamzam itu bagi (niat) apa yang diminumnya”. (HR: Ahmad, Ibnu Majah dan al-Baihaqi). 4. Konsultasi kepada ahli kejiwaan, hal itu tidak mengapa jika dilakukan dan tak perlu merasa malu, karena pada prinsipnya adalah mencari jalan kesembuhan. 5. Kurangi bicara dan memandang sesuatu dengan berlebihan, juga mengatur pola makan dan minum. 6. Dalam masa proses pengobatan cobalah banyak membaca berbagai bacaan yang bermanfaat dan dapat membangkitkan semangat hidup. Bias juga dengan mengikuti berbagai kegiatan positif. 7. Mengisi waktu luang dengan hal-hal yang baik. 8. Selalu berusaha memaafkan dan memaklumi orang lain. 9. Perlakukan semua orang dengan baik dan penuh rasa cinta seperti halnya engkau juga ingin diperlakukan baik oleh mereka. 10. Jangan menyerah dan pasrah pada keraguan dan kekecewaan. 11. Sedikitpun jangan pernah memikirkan sesuatu yang dapat mendatangkan kehawatiran dan kesedihan. 12. Sering-seringlah berdiskusi dengan orang yang benar-benar engkau percaya. 13. Jangan berlebihan memikirkan urusan orang lain. 14. Sedikit demi sedikit cobalah berfikir tentang hal yang membuat kamu bahagia dan yang membuat kamu bersedih, tetapi jangan dimasukkan ke hati. 15. Tuntutlah ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan akhiratmu. 16. Jangan pernah menunggu pujian atau ucapan terimakasih dari orang lain. 17. Hilangkan perasaan iri, dengki, hasud dan amarah dari hatimu. 18. Selalu bersyukur setiap mendapatkan nikmat dan coba ingat kebaikan-kebaikan yang akan kamu dapatkan. 19. Selalu berdoa memohon kepada-Nya. 20. Cobalah terus berusaha untuk melupakan segala hal yang pernah membebanimu. 21. Jangan berhenti berusaha mencari jalan keluar. (diterjemahkan dari علاج الامراض النفسية-بإذن الله : http://www.twbh.com/) PENYAKIT KEJIWAAN DAN PENYEMBUHANNYA MENURUT ISLAM

Tuesday, July 24, 2012

FAEDAH MEMBACA “BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM”


Siapa saja yang mendawamkan membaca “BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM” sebanyak bilangan hurufnya yaitu 787 kali lalu membaca salawat nabi 312 kali maka Allah akan selalu mengijabah doanya. (al-Lulu wa al-Marjan fi taskhir muluk al-jann; hal: 26)

Friday, July 20, 2012

[ ] BERPUASALAH NISCAYA KALIAN SEHAT [ ]



    
Allah Swt berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, niscaya kamu menjadi orang-orang bertakwa”. (QS: Al-Baqarah: 183)
 
Dan sungguh kamu berpuasa itu baik bagimu” (QS; Al-Baqarah: 184)

perhatikan firman Allah surat Al-Baqarah: 184 tadi, mampukah ilmu pengetahuan modern menguak rahasia firman Allah tersebut?  Atau mampukah ilmu kedokteran modern menentangnya?   Berdasarkan hasil riset para ahli kedokteran ternyata puasa bagi tubuh manusia adalah satu hal yang mesti dilakukan dan sangat berpengaruh bagi kesehatan. Kemestian berpuasa sama halnya dengan makan tidur dan beristirahat, tubuh manusia akan lemah jika kurang tidur , makan dan istirahat[].

Puasa disamping sebagai amaliah ibadah juga memiliki hikmah ilahiyah yang sangat besar, dengan kata lain Allah ingin agar hamba- hamba-Nya mendapatkan kebaikan dan manfaat baik. Dengan demikian berpuasa adalah amaliah ibadah yang menyehatkan[].

Manfaat berpuasa bagi tubuh manusia antara lain:

1. Puasa dapat mengistirahatkan dan meringankan kerja pencernaan yang akan memudahkan keluarnya zat-zat beracun dari dalam tubuh.

2. Saat-saat berpuasa adalah saat pemulihan dan persiapan bagi tubuh untuk .

3. Berpuasa dapat memberikan kemampuan lebih pada tubuh untuk mengurai zat-zat yang berlebih.

4. Berdasarkan hasil riset para ahli ternyata berpuasa dapat membuat awet muda.

5. Puasa dapat membentuk antibody.

6. Puasa sangat bagus bagi kecerdasan dan kepekaan berfikir.

7. Puasa adalah obat.

            Jika orang yang berpuasa dapat menjaga pola makan yang tidak berlebihan niscaya pada akhir bulan ramadhan ia akan merasakan banyak manfaat bagi tubuh dan akal. Ada sebuah hadits yang diriwayatkan al-Nasai dari Abi Umamah:[ “Aku berkata: “wahai rasulullah, perintahkan padaku akan satu amal yang dengan amalan tersebut Allah memberikan manfaat bagiku”. Beliau bersabda: “engkau harus berpuasa, maka sesungguhnya itu tiada bandingannya”]

            Dalam hadits lain yang diriwayatkan al-Thabrani beliau bersabda: “Berpuasalah kalian, niscaya kalian akan sehat”.[]


Diterjemahkan dari; http://www.manhag.net/main/2010-06-09-12-44-25/2011-06-02-21-17-15/7419-2011-06-01-16-54-26.htmwww.hanivatarjumanmelati.blogspot.com/search/label/KEISLAMAN

Thursday, July 19, 2012

SEBAB-SEBAB TERJADINYA SUUL KHATIMAH


Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah "suul khatimah", ya, jika diterjemahkan berarti "akhir yang buruk".  Suul khatimah tidak serta merta terjadi pada seseorang tanpa adanya sebab-sebab tertentu, nah, sebab-sebab inilah yang harus menjadi perhatian kita agar terhindar dari hal tersebut. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang jatuh pada akhir yang buruk/ suul khatimah dan salah satu penyebab terbesar adalah rusaknya 'akidah, jika sudah demikian maka orang tersebut sangat membutuhkan pertolongan Allah Swt.

Hal-hal lain yang menyebabkan terjadinya suul khatimah adalah;
1}. Cenderung dan amat tergantung pada dunia.
2}. Berpaling dari sikap istiqamah.
3}. Terbiasa melakukan maksiat.

Saat kita sudah terbiasa melakukan sesuatu maka lambat laun kita akan sangat tergantung padanya dan hal itu akan selalu diingat hingga detik-detik terakhir menjelang kematiannya. Dalam kitab al-Bidayah wa al-Nihayah Ibnu Katsir mengatakan: "Sesungguhnya dosa, maksiat dan syahwat dapat membuat pelakunya kecewa ketika sedang menghadapi ajal, ditambah lagi peran syetan terhadapnya. Dua kekuatan jahat itu berhimpun menghadapinya saat keimanannya  justru sangat lemah. Akibatnya ia terjatuh pada akhir yang buruk (suul khatimah).”

Allah Swt berfirman: “setan itu tidak mau menolong manusia” (al-Furqan: 29). Suul khatimah tidak akan menimpa diri yang selalu bergantung kepada Allah lahir dan batin. Ucapan dan perbuatannya senantiasa benar. Orang seperti ini tak pernah terdengar mengalami suul khatimah menjelang kematiannya. Suul khatimah hanya terjadi pada orang yang buruk lahir dan batinnya atau amal dan akidahnya. Juga pada orang yang tak segan melakukan dosa besar dan kejahatan. Mungkin kondisi seperti itu telah mengalahkan hatinya sehingga ia mati sebelum sempat bertaubat.[1]  

Oleh karena itu,  seorang berakal patut selalu waspada agar hatinya tidak cenderung kepada yang diharamkan. Seyogyanya ia senantiasa menggerakkan lisan dan badannya untuk selalu ingat kepada Allah dan berusaha selalu taat kepada-Nya pada setiap kesempatan. Semua itu untuk menghadapi suatu saat jika terlewatkan niscaya ia akan sengsara selamanya.[]   


{sumber; buku SEMAKIN TUA SEMAKIN MULIA. Penerbit Zaman. Penulis Aiman Mahmud. Penerjemah Nurhasan Humaedi}.


[1] . Al-Bidayah wa al-Nihayan, Ibnu Katsir: juz 9; hal. 123www.hanivatrjumanmelati.blogspot.com/search/label/KEISLAMAN

[]SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA[]


Wednesday, July 18, 2012

تدبّــر



ADAB MEMBERSIHKAN CINCIN DARI PENGARUH NEGATIF



Hampir semua orang mengenal cincin dan batu mulia, mereka memakainya dengan tujuan mempercantik penampilan namun tidak sedikit yang memakainya karena percaya akan adanya kekuatan tertentu dalam cincin atau batu mulia tersebut. Padahal tidak menutup kemungkinan bahwa kekuatan batu tersebut berasal dari jin atau berunsur negatif. Berikut adalah cara membersihkan pengaruh-pengaruh negatif dari unsur negatif terutama kekuatan jin yang bersemayam dalam sebuah batu mulia:

1}. Cuci cincin/ batu mulia dengan air mawar atau air zamzam dalam sebuah wadah yang bersih.

2}.Membaca surat Al-fatihah 3 X (pada saat mencuci).

3. Membaca ayat berikut ini 3 X (sambil mencuci): انما يريد الله ليذهب عنكم الرجس اهل البيت ويطهركم تطهيرا "INNAMA YURIDULLAHU LIYUDZHIBA 'ANKUMURRIJSA AHLAL BAYTI WA YUTOHHIRUKUM TATHIRO".

4}. membaca doa ini 3 X (masih sambil mencuci): اللهم اني طهرته من كل نجاسة ومن كل جنابة ومن كل حسد الجان "
ALLAHUMMA INI TOHHARTUHU MIN KULLI NAJAASATIN WA MIN KULLI JANAABATIN WA MIN KULLI HASADIL JAANN".

artinya: "ya Allah sesungguhnya aku bersihkan barang ini dari setiap najis dan junub dan dari segala pengaruh negatif jin".

5}. jangan lupa membaca doa berikut ini saat hendak memakainya: اللّهم سَوّمني بسيماء الإيمان وَتوّجني بتاج الكرامَة وَقلدني حَبل الإسلام وَلا تخلع رَبَقة الإسلام من عُنقي "
ALLAHUMMA SAWWIMNI BISIMAIL IMAN WA TAWWIJNI BITAJIL KAROMATI WA QOLLIDNI HABLAL ISLAM WALAA TAKHLA' RAQABATAL ISLAMI MIN 'UNUQI" .

artinya: "ya Allah tandailah aku dengan tanda keimanan, pakaikanlah mahkota kemuliaan pada diriku, ikatlah aku dalam ikatan Islam danjangan Engkau lepas keislaman dari leherku (diriku).



Sunday, July 15, 2012

WAKTU IJABAH DOA SETIAP HARI


WAKTU-WAKTU IJABAH:

1. Sabtu; setelah maghrib.
2. Ahad; sebelum adzan Subuh (ini berlaku setiap hari).
3. Senin; beberapa saat setelah terbit matahari.
4. Selasa; saat zawal (saat matahari hampir memasuki waktu shalat Zuhur).
5. Rabu; setelah Zuhur.
6. Kamis; beberapa saat setelah shalat Ashar.
7.Jumat; beberapa saat sebelum masuk waktu maghrib.

semoga bermanfaat..
sumber:
مجربات سودانية

Friday, July 13, 2012

Abu Musa Al-Asy'ary


Abu Musa al-Asy‘ari

SANG PENGAMBIL KEPUTUSAN


Beliau seorang sahabat dari keturunan Asy‘ari, bernama Abdullah dan ayahnya bernama Qays ibn Sulaim ibn Hidldlâr ibn Harb, ibunya bernama Dzubayyah bint Wahab seorang wanita dari daerah ‘Akk yang masuk Islam dan wafat di Madinah. Para ahli sejarah berbeda pendapat apakah Abu Musa ikut hijrah ke Habsyi atau tidak? Abu Umar ibn Abdul Barr[1] berkata: yang benar Abu Musa setelah kedatangannya ke Makkah Abu Musa kembali ke negerinya dan berjanji kepada orang-orang dari bani Abdi al-Syams bahwa ia akan kembali lagi. Di sana ia tinggal beberapa hari sampai pada suatu hari datanglah rombongan dengan menggunakan sebuah kapal kaum Asy‘ari dan ia pun ikut dengan rombongan tersebut bersama 50 orang lainnya. Dan akhirnya angin membawa mereka ke negeri raja Negus, mereka pun sepakat untuk mengeluarkan Ja’far dan rombongannya agar menaiki kapal tersendiri, kemudian kedua kapal (kapal kaum Asy‘ari dan kapal Ja‘far) itu berangkat menghadap baginda Nabi saw. pada saat kemenangan perang Kaibar. Diceritakan bahwa kapal kaum Asy‘ari terbawa angin hingga ke negeri Habsyi, dan akhirnya mereka menetap di sana beberapa saat. Ketika rombongan Ja‘far hendak berangkat meneruskan perjalanan mereka pun ikut serta. Oleh karena itu, Ibnu Ishaq berpendapat bahwa Abu Musa ikut hijrah ke Habsyi. Wallahu A‘lam.
Abu Musa sendiri adalah seorang pemberani, terpandang dan seorang penunggang kuda yang handal, hal ini ditegaskan oleh hadis Nabi saw., “Pemimpin ahli berkuda adalah Abu Musa.”
            Abu Musa datang ke Bashrah sebagai gubernur pada tahun 17 H, menggantikan gubernur al-Mughirah. Dalam hal ini khalifah Umar menulis surat perintah kepadanya yang berisi, “Berangkatlah engkau ke Ahwaz” maka beliau pun segera berangkat ke negeri yang dituju dan dapat menguasainya dengan jalan damai. Setelah itu, Abu Musa juga dapat menguasai Isfahan pada tahun 23 H.[2]         
            Beliau juga orang yang dipercaya oleh Rasulullah untuk menjadi gubernur di Zubaid dan ‘And. Pada masa Umar ia diangkat sebagai gubernur Bashrah, beliau juga menyaksikan wafatnya Abu Ubaidah ibn al-Jarrah di Syam.
            Abu Musa adalah seorang sahabat yang mempunyai suara merdu, memikat orang yang mendengarnya, dan beliau juga sebagai pengambil keputusan dari pihak Ali pada saat terjadi tahkim dan berhadapan dengan ‘Amru ibn al-‘Ash sebagai delegasi Mu‘awiyah. Dia mengusulkan agar kedua orang itu (Ali dan Muawiyah) dicopot dari jabatannya sebagai khalfiah. ‘Amru memintanya untuk berbicara terlebih dahulu, Abu Musa pun maju dan mengatakan, “Sesungguhnya aku mencopot Ali dan Muawiyah.” belum sempat beliau menyelesaikan bicaranya tiba-tiba ‘Amru naik dan langsung berbicara, “Sesungguhnya aku mencopot Ali dan menetapkan Muawiyah.” Saat itu beliau merasa bahwa ‘Amru telah memperdayanya. Ia lalu mengasingkan diri ke Bait al-Haram dan menetap di sana hingga wafatnya. Semoga Allah merahmatinya. []




[1] al-Istî‘âb,  (3/ 979).
[2] Asad al-Ghâbah, (4/ 62).

kitab ABU MA'SYAR AL-FALAKY


DESKRIPSI KITAB "Abu Ma'syar Al-falaki"
Kitab "Abu Ma'syar Al-Falaky" atau kitab Ilmu Falaq Abu Ma'syar adalah buah karya Abu Ma'syar al-Falaki seorang astrolog muslim berkebangsaan Persia. Sesuai dengan bidang keilmuan yang digelutinya, kitab ini menjabarkan tentang astronomi dan pengaruh-pengaruh buruj (zodiak)  dalam kehidupan manusia, pengobatan serta ilmu hikmah dengan gaya bahasa indah.

perbintangan dan nama-nama bulan dlam kitab ini dikaitkan dengan nama-nama bulan Koptik (Mesir kuno) .